Tuesday 17 April 2012

Tips Mengatasi Stres jadi Ayah Baru!


Beberapa minggu pertama di rumah dengan bayi baru sering merupakan tantangan yang sangat besar. Keraguan, kurang tidur, dan frustrasi, bercampur aduk dengan momen sukacita saat bayi mulai tidur.

Sungguh sebuah perjuangan yang sangat melelahkan dan membingungkan. Walaupun disisi lain ada sukacita besar karena malaikat kecil yang dinantikan sudah lahir dan hadir ditengah keluarga.

Agar tidak terlalu stres, berikut beberapa tips untuk orangtua baru:
Tanamkan perasaan enjoy.
Nikmatilah kesibukan yang anda alami saat-saat minggu pertama menyambut kehadiran buah hati. Tanamkan dalam diri anda jika masa-masa indah saat ini tak kan terulang ketika si kecil sudah tumbuh besar dan ia bisa melakukan semuanya sendiri.

Buat istri rileks
Peran ayah dalam keluarga adalah membangun suasana hati istri menjadi produktif menghasilkan ASI. Ibu  perlu istirahat cukup, makanan yang cukup, serta dalam keadaan rileks dan nyaman untuk produktif menghasilkan ASI.

Manjakan istri
Melahirkan merupakan proses traumatik bagi istri serta pasca melahirkan istri masih harus mengurus sang bayi. Ada baiknya anda memanjakan istri Anda yang telah berjuang untuk buah hati Anda.

Pembagian tugas malam.
Pada malam hari bayi biasanya akan terbangun 2-3 kali. untuk itu lebih bijaksana jika ayah dan bunda membuat kesepakatan menjaga bayi malam hari agar waktu istirahat ayah maupun bunda tetap terjaga.

Siap membantu pekerjaan rumah tangga.
Pasca melahirkan kondisi istri tentu masih sangat lemah. Untuk itu pada masa-masa ini seperti peran ayah untuk membantu sangat diperlukan.

(Sumber Ghiboo / foto Ist)



0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More