Thursday 7 June 2012

Kiat Agar Anak Mau Sekolah


Anak-anak sebetulnya paling adaptif. Jika anak tidak mau sekolah dan melakukan perlawanan atau resistensi, sebaiknya Anda tidak memarahi atau membentaknya. Sebaliknya, Anda perlu mencari tahu penyebab, bekerjasamalah dengan sekolah atau guru.

Mungkin hampir sebagian besar anak pernah merasakan benci untuk datang ke sekolah. Namun biasanya perasaan tersebut tidak berlangsung lama. Untuk membantu si buah hati menjalani transisi dalam hidup mereka, ada beberapa hal yang Anda bisa lakukan.

1. Sebelum mulai sekolah, buatlah simulasi perjalanan, rumah-sekolah-rumah. Beri reward, misalnya berhenti dan belikan makanan favoritnya atau pensil, atau apapun yang bermanfaat dan membuatnya senang.

2. Ajaklah anak bicara secara baik-baik tentang masalah yang dihadapi di sekolah. Anak bisa berbicara dengan orang tua, teman atau guru yang dipercaya sehingga bisa membuatnya merasa lebih baik.

3. Biasakan anak untuk selalu menulis apapun yang terjadi atau perasaannya dalam sebuah diari. Hal ini bagus bagi anak yang tidak ingin berbagai dengan siapapun, karena bisa membantu mengeluarkan segala emosi  yang dipendamnya.

4. Ajaklah anak untuk menulis apa yang tidak disukai dan apa yang disukai di sekolah. Lalu cari solusinya bersama-sama untuk mengatasi hal-hal yang tidak disukai anak di sekolah.

Semoga bermanfaat!

(Sumber ghiboo / foto Ist)

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More