Thursday 10 May 2012

Cara Mengajari Anak Minum dengan Gelas


Tidak mudah mengakhiri kebiasaan bayi untuk minum susu dari botol. Setiap ibu pasti harus siap-siap menghadapi bayi yang rewel. Proses peralihan ini memang memerlukan persiapan.

Transisi penyapihan sebaiknya bisa sedikit lebih mudah dilakukan dengan memberikan susu formula. Anda bisa mulai menyiapkan masa transisi ini dengan menggantikan botol susu formula dengan susu dari gelas secara bertahap. Misalnya memberikan botol susu hanya pada saat akan tidur.

Cara lainnya adalah mengisi botol yang biasa ia minum dengan air. Ia akan merasa tidak mendapatkan kepuasan yang sama, dan kemudian melihat bahwa susu yang biasa dia minum hanya tersedia di gelas.

Motivasi bayi Anda dengan mengatakan mereka sudah mulai besar. Anak kecil biasanya senang ketika dipuji bahwa mereka sudah cukup besar untuk minum dari gelar. Biarkan anak untuk memilih gelasnya sendiri.

Di luar cara tersebut, ada tips yang bisa memperlancar ibu untuk bisa memulai proses transisi dari botol ke gelas.
 
1. Jangan tawarkan, jangan menolak

Pendekatan ini termasuk masih lembut, karena lebih berupa jangan menawarkan minum susu (ASI) atau botol hingga bayi Anda meminta.

2. Batasi pemberian susu

Metode ini akan cukup mudah baik bagi bayi dan bagi persediaan ASI. Cukup kurangi satu bagian pemberian susu misalnya jika biasanya lima kali menjadi empat kali. Untuk mengganti pengurangan, Anda bisa menggantinya dengan gelas atau melakukan aktivitas lainnya.

3. Pengalihan

Cobalah untuk melibatkan anak Anda dengan berbagai aktivitas. Tetap jaga perhatian anak Anda supaya tidak terpusat pada keinginan menyusu.

4. Penundaan

Ketika anak meminta susu botol, cukup katakan “tidak sekarang”, atau “sebentar lagi”. Dan kemudian tunggu sampai ia mendekati Anda lagi. Ia mungkin menjadi sedikit teralihkan dan lupa meminta. Cara ini juga bisa membantu bayi Anda belajar menunggu.

(Ary. p / foto Ist)

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More