Friday 4 May 2012

Kiat Mengatur Jam Tidur Siang si Kecil


Ternyata tidur siang itu cukup penting bagi si kecil. Para peneliti mengungkapkan bahwa tidur siang dapat mengembalikan energi bayi setelah beraktivitas di pagi hari.

Tapi, berapa lama waktu yang dibutuhkan bayi anda untuk tidur siang? Menurut para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa, memasuki usia 3 bulan, kebanyakan bayi mulai memiliki siklus tidur bangun yang lebih terprediksi.

"Anda perlu memperhitungkan temperamen anak, seberapa aktif dia, dan gaya hidup keluarga anda sendiri," kata Judy Owens, MD, konsultan parents serta kepala dokter anak klinik gangguan tidur di Hasbro Children's Hospital, Providence.

Oleh karena itu bunda harus memperhatikan gejala-gejala ketika si kecil, "perhatikan sinyal seperti mengucek mata, menguap, serta rewel yang menandakan saatnya tidur. Bila gejala-gejala itu sudah muncul, Anda harus menidurkan bayi saat dia mulai mengantuk namun masih terjaga. Biarkan dia rewel dan menangis sedikit. Terlalu membujuk malah akan memperpanjang proses rutinitas tidur ini," jelas Owens.

Lebih jauh Owens menerangkan bahwa, kebanyakan bayi akan tidur sekitar dua jam setelah bangun di pagi hari. Tidur siang 1-2 jam itu harus dilanjutkan dengan waktu tidur yang sama pada petang hari.

Para pakar tetap menilai perlunya tidur siang bagi si kecil, kendati tidak perlu lama. Membaca buku atau menyanyikan lagu mengantar tidur yang sama saat tidur malam seharusnya cukup untuk membuatnya tidur.

"Banyak bayi tidur siang hanya 30-45 menit dan itu memang sudah cukup. Anda juga tak perlu khawatir jika dia tidur terlalu banyak. Tak masalah jika bayi anda tidur dua jam penuh. Kuncinya bukan seberapa banyak dia tidur," ujar Marc Weissbluth, MD, profesor pediatrik klinis di Feinberg School of Medicine, Northwestern University, Chicago.

(Ary. p / foto Ist)

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More